ATASI TUMIT KAKI PECAH PECAH

TUMIT KAKI PECAH
IDEASBOOK

Masalah umum ini yang sering di alami yaitu tumit kaki pecah pecah, kondisi seperti ini bisa merusak kepercayaan diri, kondisi ini bisa terjadi di karenakan kurangnya perawatan, kering dan mungkin terpapar bahan tertentu, tumit pecah pecah atau biasa di sebut dengan istilah kapalan ini bisa di atasi dengan cara pengobatan yang alami.

Berikut penyebab yang paling umum

Kulit Tentu kering atau kulit kering tebal (kalus)  di sekitar tumit lebih mungkin menjadi pecah oleh aktivitas yang berlebihan dengan kaki. Berdiri yang terlalu lama juga dapat menyebabkan tumit retak. Kelebihan berat badan bisa meningkatkan tekanan pada lemak normal di bawah tumit, sehingga menyebabkan kulit melebar kesamping. Jika kulit tidak memiliki fleksibilitas,  tekanan pada kaki bisa menyebabkan tumit pecah-pecah . Penyakit kaki dan gangguan lain seperti Psoriasis, Eksim, penyakit tiroid, diabetes, dan beberapa kondisi kulit lainnya juga dapat menyebabkan tumit pecah-pecah. Kaki terkena air terus menerus terutama sambil berjalan dapat menyebabkan kehilangan minyak alami kulit, dan dapat meninggalkan kulit kering dan kasar. Berdiri lama di tempat lembab seperti kamar mandi juga bisa menjadi penyebabnya. Kulit bersisik, tebal, kering, dan kehilangan elastisitasnya juga erat kaitannya dengan faktor usia. Dengan demikian, semakin tua umur seseorang maka semakin tinggi pula resiko mengalami tumit pecah-pecah. Keadaan atau kondisi yang kurang bersih Kulit bersisik dan kering bisa karena iklim atau penyakit. kekurangan vitamin, mineral, zat besi dan seng.

Cara pengobatan alami tumit pecah-pecah

Jika cara pengobatan alami ini tidak banyak membantu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar memperoleh pengobatan yang tepat. Berikut solusi alami yang terbaik untuk mengobati tumit pecah-pecah :

1. Oleskan shortening atau minyak sayur terhidrogenasi setelah mencuci bersih di daerah kaki yang kering dan pecah-pecah. Setelah itu pakailah kaus kaki yang tebal. Melakukan ini setiap semalaman selama beberapa hari akan memberikan hasil yang positif.

2. Oleskan bubur pisang matang pada daerah kaki atau tumit yang kering atau pecah-pecah. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air sampai bersih.  Anda juga bisa menambahkan setengah daging alpukat kelapa yang sebelumnya di blender bersama dengan pisang untuk membuat pasta tebal dan lembut. Alpukat dan kelapa banyak mengandung minyak esensial dan vitamin yang larut dalam lemak. Pasta ini akan membantu untuk memberikan vitamin dan minyak yang dibutuhkan kulit agar tetap lembut dan lembab. Selain untuk menyembuhkan, pasta ini juga dapat digunakan untuk mencegah tumit kering dan pecah-pecah.

3. Rendam kaki kedalam jus lemon selama sekitar 10 menit. Lakukan terapi ini sekali setiap minggu hingga mendapatkan perubahan. Jus lemon adalah asam alami yang sangat ringan ini bisa membantu untuk menghilangkan kulit mati dan kering dengan mudah. Cara terbaiknya adalah dengan merendam kaki kedalam larutan air jeruk nipis, dan kemudian gosok dengan batu apung atau sikat kaki lembut untuk menghilangkan kulit mati dilapisan kulit  bagian atas yang menyebabkan tumit kering dan retak-retak.

4. Membersihkan dan melembabkan adalah obat yang baik untuk mengatasi tumit kering atau pecah-pecah. Pada sore hari rendam kaki kedalam air sabun hangat selama sekitar 15 menit. Bilas kaki dan keringkan. Kemudian buatlah campuran yang terdiri dari : satu sendok teh Vaseline dan jus lemon. Gosokkan campuran ini kepada tumit retak dan daerah lain pada kaki yang diperlukan sampai benar-benar terserap. Hal ini bisa dilakukan setiap hari hasilnya terlihat. Cara terbaik adalah  menerapkan campuran tepat sebelum Anda tidur. Anda kemudian bisa menggunakan kaus kaki  tebal untuk melindungi sprei dari noda. Selain itu, kaus kaki wol akan membantu agar hangat, sehingga meningkatkan efektivitasnya. Anda bisa mengelupaskan kulit sebelum dan setelah Anda menggunakan campuran ini. Minyak dalam campuran ini akan membantu Anda untuk melembutkan tumit yang kering dan pecah-pecah, sehingga memungkinkan Anda untuk mengelupaskan kulit mati dengan mudah keesokan harinya .

5. Campuran gliserin dan air mawar juga dikenal bisa menyembuhkan tumit pecah-pecah .

6. Solusi lain adalah dengan mencairkan lilin parafin, dan mencampurnya dengan sedikit minyak mustard. Oleskan bahan ini daerah tumit kering atau pecah-pecah, dan bilas di pagi harinya. Melakukan cara ini terus menerus selama 10 sampai 15 hari akan memberikan Anda hasil yang memuaskan.

Baca juga :

7. Untuk menghilangkan kulit kering pada tumit harus dengan pengelupasan secara teratur. Namun hindarilah produk scrub pengelupasan yang keras, dan sebagai gantinya Anda bisa membuat scrub alami sendiri dengan madu, cuka sari apel, dan tepung beras. Giling segenggam beras sampai menjadi tepung yang kasar. Setelah itu tambahkan beberapa sendok madu, lalu campur dengan cuka sari apel secukupnya untuk mendapatkan pasta tebal. Jika retakan kulit tumit sangat dalam, Anda bisa menambahkan satu sendok minyak zaitun atau minyak almond manis. Rendam kaki Anda selama 20 menit, kemudian pijat-pijat dengan lembut dengan pasta ini. Cuka akan membantu melarutkan lapisan kulit mati yang menebal, sedangkan tepung beras akan mengelupaskan lapisan kulit mati atas. Madu dan minyak zaitun sebagai pelembab alami, yang akan membantu menjaga kulit agar lembut dan lembab –  ini akan mencegah keretakan lebih lanjut.

8. Krim tumit yang umumnya tersedia mungkin mengandung bahan kimia yang dapat merusak kulit, bahkan menyebabkan ketidaknyamanan. Anda bisa membuat sendiri krim pelembab tumit retak dengan satu sendok minyak zaitun dengan beberapa tetes minyak lemon atau minyak lavender. Tuang campuran ini ke dalam botol kecil, lalu tambahkan air dengan jumlah yang sama. Kocok botol agar semua minyak dan air membentuk larutan yang rata dan kental. Gunakan obat buatan sendiri tumit kering dan retak ini bila diperlukan. Pastikan Anda mengocoknya terlebih dahulu sebelum digunakan.

Related Posts:

0 Response to "ATASI TUMIT KAKI PECAH PECAH"

Posting Komentar