PASTIKAN JANTUNG ANDA TETAP SEHAT DAN KUAT



Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi manusia dengan fungsi yang krusial, maka dari itu perlu menjaga organ tubuh ini dengan intensif.

Kebiasaan hidup kurang sehat merupakan salah sau penyebab kerusakan pada jantung, Maka dari itu untuk menjaga agar jantung tetap sehat, Anda bisa memulai menjalani gaya hidup yang sehat. Dimulai dari kebiasaan yang paling mudah yakni rutin mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan melakukan kebiasaan lainnya yang menyehatkan jantung Anda.

Simak beberapa tips ini agar jantung anda tetap sehat :


  • Olahraga
Cara agar jantung sehat dan kuat selanjutnya adalah dengan rajin berlatih. Memberikan waktu sekitar 2 jam secara konsisten dan kumulatif setiap minggunya untuk olahraga diteliti dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung hingga mencapai 60 persen dibandingkan yang tidak aktif melakukannya.


  • Berhenti merokok
Dalam banyak penelitian sudah disebutkan berkali-kali bahwa rokok dapat merusak jantung. Selain itu, asap rokok juga diteliti mampu meningkatkan kolesterol jahat, menurunkan kolesterol baik dan meningkatkan risiko terjadinya penggumpalan darah. Bahkan dalam penelitian lain disebutkan bahwa sebuah keluarga, dimana istri dan suami sama-sama mer0k0k, maka risiko terkena serangan jantung bertambah hingga 92 persen.


  • Konsumsi teh
Jika Anda saat ini lebih sering mengkonsumsi kopi, maka sudah saatnya untuk merubahnya dengan teh. Dalam sebuah penelitian baru-baru ini disebutkan bahwa mengkonsumsi tiga kali teh setiap hari mampu mengurangi 50 persen kemungkinan terkena serangan jantung dibandingkan yang tidak. Kadar flavonoid yang dijadikan antioksidan alami nan kuat yang terdapat pada teh juga mampu menjadi pelindung bagi jantung. Namun, tentu saja jangan terlalu banyak, konsumsi teh dalam batas normal dan secukupnya saja.


  • Mengkonsumsi air putih
Teratur dalam minum air putih dapat digunakan sebagai cara agar jantung sehat dan kuat. Anda dapat mengkonsumsi air sebanyak lima gelas setiap hari. Dalam banyak penelitian sendiri disebutkan bahwa pria yang mengkonsumsi air sebanyak 8 ons setiap hari memiliki kemungkinan terkena serangan jantung fatal lebih kecil 54 persen dibanding orang-orang yang mengkonsumsi air lebih sedikit. Pada penelitian lainnya disebutkan bahwa air mampu mengencerkan darah, sehingga dapat mencegah terjadinya pembekuan.


  • Konsumsi salmon dan tuna
Makanan yang mengandung banyak asam lemak omega-3 diteliti mampu menjaga kekuatan dan kesehatan jantung. Hal tersebut juga dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard School of Public Health, yang mana menyebutkan bahwa mengkonsumsi ikan salmon ataupun tuna sebanyak dua kali dalam seminggu mampu menurunkan 30 persen risiko penyakit jantung.


  • Bersantai
Terlalu stres mampu meningkatkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Bahkan dalam banyak penelitian disebutkan bahwa stres menjadi salah satu penyebab menyempitnya arteri yang memperburuk keadaan jantung. Dengan meluangkan waktu untuk bersantai, keadaan tubuh dan pikiran Anda akan lebih tenang. Selain itu, Anda juga bisa melakukan gabungan antara bersantai dengan berolahraga, misalnya dengan melakukan meditasi ataupun yoga. Selain itu, Anda juga bisa bersantai dengan cara bersosialisasi, bertukar pendapat dan mengobrol dengan banyak orang.


  • Kurangi mengkonsumsi garam
Mengkonsumsi garam secara berlebihan mampu meningkatkan tekanan darah. Oleh sebab itu, perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Perhatikan pula label pada cemilan dan makanan olahan. Jika makanan tersebut mengandung 1.5g garam atau sekitar 0.6g natrium, maka cobalah untuk menghindarinya.

Semoga bermanfaat dan tetap menjadi pribadi yang sehat.




Related Posts:

0 Response to "PASTIKAN JANTUNG ANDA TETAP SEHAT DAN KUAT"

Posting Komentar