RUMAH MAKAN PADANG YANG MENJAMUR

Masakan Padang
Ketika kita berbicara soal bisnis kuliner... ada salah satu bisnis kuliner yang sangat sering kita jumpai adalah  "Rumah Makan Padang".

Masakan Minang memang menjadi kekayaan budaya kuliner di minangkabau yang tersebar di seluruh pelosok nusantara dengan citra rasanya yang gurih dan pedas.

Ciri khas citra rasa masakan minang ini berasal dari santan dan cabe, ya... memang kita tidak pernah melihat botol kecap di Rumah Makan Padang ya gaes...

Bisnis kuliner ini kian menjamur di seluruh pelosok negeri salah satunya di Jawa, biasanya penikmat masakan minang ini adalah perantau dari Sumatera khususnya orang minang itu sendiri yang pergi merantau, mahasiswa dll.

Dengan citra rasanya yang begitu khas dan memang kebutuhan perut, tidak heran jika kuliner ini banyak di gemari dan mampu berkebang pesat mendobrak pasar kuliner di nusantara.

Menu andalan Rumah Makan Padang sendiri adalah Rendang. Katanya dalam filosofi adat, rendang memiliki posisi terhormat dalam setiap hidangan loh gaes...

Rendang yang terdiri dari 4 bahan pokok, mengandung makna, yaitu: 
1. Daging (khususnya Sapi), sebagai bahan utama, pelambang Ninik Mamak dan Bundokanduang yang akan memberi kemakmuran pada anak kemenakan dan anak pisang. 
2. Kelapa, merupakan lambang Cerdik Pandai (Kaum Intelektual), yang akan merekat kebersamaan kelompok dan individu 
3. Cabe, merupakan lambang Alim Ulama yang pedas, tegas untuk mengajarkan syarak (agama), 
4 Pemasak (Bumbu), peran funsional setiap individu dalam kehidupan berkelompok danmerupakan unsur yang penting dalam hidup kebersamaan masyarakat Minang. 
Mari kita gali setiap hasil dan produk budaya kita disaat dunia semakin global dan perantau Minang semakin sulit pulang keranah Minang. (http://www.icrawl.org/)

Related Posts:

0 Response to "RUMAH MAKAN PADANG YANG MENJAMUR"

Posting Komentar