MANFAAT JAMUR : SALAH SATUNYA SANGAT MENGEJUTKAN


Tahukah anda, selain lezat jamur juga sangat mendukung kondisi kesehatan kita, banyak manfaat dari penelitian yang menegaskan bahwa jamur memiliki manfaat untuk anti virus, anti bakteri dan mampu mendukung daya tahan tubuh.

Dalam penelitian yang sudah di kembangkan, mengkonsumsi jamur juga mampu mengurangi diabetes, sakit jantung dan mengurangi obesitas.

Berikut kandungan kandungan nutrisi yang mampu membantu mencegah penyakit, antara lain 

1. Vitamin C.
Bersama dengan serat dan kalium, kandungan vitamin C mampu menjaga kondisi kesehatan jantung dan pembuluh darah jantung. Ini terjadi karena senyawa ini menjaga tekanan darah seluruh tubuh termasuk jantung. Tekanan darah yang baik ikut menyehatkan jantung.

2. Selenium.
Jamur mengandung salah satu jenis mineral yaitu selenium. Mineral ini dapat memengaruhi fungsi enzim hati dan membantu detoksifikasi zat-zat yang dapat menyebabkan kanker. Selenium juga dapat mencegah peradangan, sekaligus menurunkan tingkat pertumbuhan tumor. Dan lagi, selenium dapat meningkatkan imunitas tubuh terhadap infeksi.

3. Vitamin B.
Asam folat sebagai salah satu jenis vitamin B di dalam jamur ini dapat memengaruhi serta memperbaiki proses sintesa DNA, sehingga mampu mencegah mutasi gen penyebab kanker. Sementara, kandungan kolin dalam jamur dapat membantu memperbaiki gangguan tidur, gerakan otot, serta kemampuan belajar dan daya ingat. Nutrisi ini juga dapat membantu penyerapan lemak dan mengurangi peradangan kronis pada tubuh.

4. Serat pangan.
Kandungan serat tinggi pada jamur dapat membantu menekan tingkat gula darah, lipid, serta tingkat insulin pada penderita diabetes. Serat pangan juga dapat bermanfaat dalam sistem pencernaan, yang mampu mengurangi nafsu makan sekaligus membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.


Jamur tergolong pada asupan yang rendah kalori, kolesterol dan lemak. walaupun jamur banyak sekali jenis jenisnya, namun kandungan yang terkandung dari berbagai macam jenis jamur relatif sama. 

Selain itu, terdapat beberapa jenis jamur yang diketahui bermanfaat bagi kesehatan, antara lain jamur shiitake, enoki, maitake, dan jamur tiram (oyster).

Meski demikian, ada pula risiko mengonsumsi jamur. Sebuah penelitian terhadap hewan menyebutkan, adanya risiko tumor akibat konsumsi jamur. Selain itu, diduga ada pula zat yang berpotensi menyebabkan kanker dari jamur, setelah dimasak dalam suhu tinggi.
Sebagian besar jamur yang dijual di supermarket tergolong aman karena dikembangkan di pertanian khusus. Namun, hindari jamur yang tumbuh liar karena berisiko mengandung racun yang berbahaya.
Nikmati manfaat jamur yang dapat disajikan mentah bersama salad, dicampur ke dalam telur dadar ataupun dipanggang dan dijadikan isian dalam roti lapis. Namun, tetap batasi konsumsi jamur. Hindari konsumsi jamur jika Anda memiliki risiko alergi, atau konsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu.

Related Posts:

1 Response to "MANFAAT JAMUR : SALAH SATUNYA SANGAT MENGEJUTKAN"